Senin, 02 Februari 2009

02 Februari 2009

Polikarpus, Martil Di Usia Uzur
2 Timotius 4:6-8

Polikarpus ( 69 - 155 ) lahir dari keluarga Kristen, Telah menghantarnya menjadi seorang hamba Tuhan. Pulikarpus termaksut salah satu murid Yohanes. Puncak kariernya di dalam pelayanan adalah menjadi pemimpin Gereja di Smirna.Karena Umurnya yang panjang, yaitu sekitar 86 Tahun, Membuat polikarpus dapat mengajar banyak orang tentang bagaimana menjalani kehidupan benar.

Seperti Orang kristen Zamannya, Polikarpus pun menjalani kehidupan kekristenan yang penuh tantangan. Karena orang-orang Kristen menolak menyembah kaisar dan dewa-dewa romawi. maka mereka dianggap sebagai orang kafir. para penyembah berhala di Smirna memburu orang-orang Kristen dengan pekikan." Enyahlah orang-orang kafir. Polikarpus pun tidak luput dari perburuan itu. sebenarnya polikarpus tidak takut mati, tetapi teman-temannya mendorongnya untuk bersembunyi. Mereka Takut kalau kematian Polikarpus akan mempengaruhi ketegaran orang kristen lainnya. Namun, tidak ada tempat yang aman dan akhirnya polikarpus pun tertangkap. Dan, setelah penolakannya untuk menghujat Kristus dan Menyembah kaisar serta dewa-dewa, pPolikarpus pun dihukum Mati.

Dengan memperhatikan Pernyataan-pernyataan, kita bisa mendapat paling tidak tiga prinsip hidup polikarpus didalam menjalani hidup kekristenan,yaitu:

  • Pertama, Kebencian Terhadap Penyesatan
  • Polikarpus Menaruh perhatian besardalam hal membasmi penyelewengan ajaran Kristen oleh Marcion dan Valentinus. Suatu kali dalam perbincangan dengan Marcion yang bertanya apakah Polikarpus mengenal Marcion, dia menjawab, " Tentu, aku mengenali anak keturunan Setan".Jawab yang sangat keras itu mengindikasikan bahwa polikarpus sangat marah kepada marcion yang menyesatkan itu.

  • Perhatiannya kepada kehidupan yang baik dalam keluarga
  • dalam suratnya kepada jemaat di Filipi dia Berkata,"Bimbinglah Istri-istrimu untuk memelihara iman yang telah diberikan kepada mereka dalam kasih dan kemurnian, mengasihi suami-suami mereka dalam segalah kebenaran, membesarkan anak-anak mereka untuk mengenal dan takut akan Allah. Bimbinglah para duda atau janda untuk bersikap hati-hati dan terus Berdoa, menjauhi hal-hal buruk dan segala macam kejahatan. semoga kaum muda tidak bercela dalam segala hal, terutama dalam hal menjaga kemurnian."

  • Kesetian kepada Tuhan

    Ketika diminta untuk Menghujat Kristus, Polikarpus berkata," selama delapan puluh enam tahun aku telah mengabdi kepada kristus dan ia tidak pernah menyakitiku. bagaimana aku dapat mencaci Raja yang telah Menyelamatkan,"

    Melihat kehidupan Polikarpus, Kita patut bertanya kepada diri sendiri,"sepanjang kehidupan yang sudah aku jalani: aoakah aku setia Kepada Kristus


  • 0 komentar:

    Posting Komentar

    Renungan Harian © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute

    Smk Triatma Jaya ( TJ ) menjadi Sekolah Internasional diBali, dimana Program sekolah ( TJ ) Standar Internasional*** Bagi kamu-kamu yang Belum Menemukan Sekolah SMK Yang Tepat*** Buruan gabung Sini*** Dengan Pengajar-pengajar Yang Terlatih dan Berpengalaman