Senin, 02 Februari 2009

03 Februari 2009

Papias, Pendukung Kebenaran Injil

Papias juga seorang murid Yohanes, Irenaeus menyebut papias dengan sebutan,"Pendengar Yohanes". Tahun kelahirandan kematiannya Tidak diketahui secara pasti diperkirakan dia lahir tahun 70 M dan meninggal tahun155 M, sezamannya polikarpus.Bersama dengan Ignatius dan polikarpus, Papias menjadi penghubung masa para Rasul dan sesudahnya. Papias Adalah seorang saleh,taat, terpelajar dalam kitab suci dan teguh mempertahankan tradisi para rasul. Dikemudian hari Papias menjadi pemimpin gereja di hierapolis di daerah Frigia.

Sebagai seorang yang menaruh perhatian besar pada kitab suci dan tradisi Rasul, maka tidak mengherankan kalau papias menghasilkan karya tulis yang mendukung kebenaran injil. pada Tahun 139 Masehi, Papias menghasilkan karya tulis yang Berjudul, Penjelasan Ucapan Tuhan yesus . Dalam buku itu ia menekankan bahwa para tua-tua harus melakukan Persis seperti yang dikatakan yesus. Sayang, buku itu hilang dan hanya potongan-potangan saja yang di miliki gereja. Eusibeus, Dalam bukunya berjudul," Sejarah Gereja III " mengutip Karya Papias, dimana terdapat Perkataan Yohanes yang ditunjukan pada papias, Yaitu, " sang Penatua ( Yohanes ) biasa mengucapkan ini juga,' Markus, sebagai penerjemah petrus menuliskan secara tepat semua yang disebutnya ( petrus ), baik tentang kata-kata Kristus maupun PerbuatanNya, namun tidak secara teratur karenah ia bukan pendengar maupun seorang yang mengikuti Tuhan. namun sesudah itu, sebagai mana yang telah saya katakan, ia menemani Petrus dan menyesuaikan ajaran-ajarannya. Dengan demikian Markus tidak membuat Kesalahan. Markus menuliskan apa yang diucapkan petrus kedalam catatannya dengan tidak membuang apa yang didengar dan tidak memasukan Pernyataan-pernyataan yang salah diantara Yang Didengarnya itu",Papias juga memberikan Komentar Tentan injil Matius, yaitu bahwa memang Matiuslah Yang Menuliskan Matius. Catatan-catatan ini sangat Penting karena menjadi pendukung dan akan kebenarannya Injil Matius Dan Injil Markus. Itulah sebabnya papias dikenal sebagai tokoh awal dan saksi Penting dari Kepenulisan Injil.

Kehidupan papias Penuh Makna itupu akhirnya harus ditutup dengan penderitaan sebagai pengikut Kristus. Seperti orang Kristen lainnya, papias menjadi sasaran perburuan Penyembah berhala. Menurut Tradisi, Papias Mati Martir Di Pergaum, Kira-kira pada yang sama dengan Kematian Polikarpus Di Smirna.

Sebagai Orang percaya, Sudah Seharusnya kita meneladani papias, khususnya perhatian yang terhadap kitab suci. Sehinga, suatu saat ketika orang-orang yang belum percaya Meminta PertanggungJawab iman Dan pengharapan kita kepada Kristus, Kita siap dan Yakin menjelaskan apa yang kita Imani dan Harapkan berdasarkan Kitab Suci.


0 komentar:

Posting Komentar

Renungan Harian © 2008. Design by :Yanku Templates Sponsored by: Tutorial87 Commentcute

Smk Triatma Jaya ( TJ ) menjadi Sekolah Internasional diBali, dimana Program sekolah ( TJ ) Standar Internasional*** Bagi kamu-kamu yang Belum Menemukan Sekolah SMK Yang Tepat*** Buruan gabung Sini*** Dengan Pengajar-pengajar Yang Terlatih dan Berpengalaman